Monday, February 9, 2009

Kafe Betawi

Alkisah si Kabayan dari kampung sedang kelaparan di sebuah Mall di Jakarta, dan dia pun bermaksud mencari makanan yang agak murah di Mall itu.. Sambil terus berjalan, Kabayan melihat banyak tempat makan bergaya Eropa dan Jepang yang secara harga kelihatannya jauh dari bumi dia.. sampai akhirnya dia melihat Kafe Betawi..! Restoran yang suasananya benar-benar mengingatkan Kabayan pada kampungnya, Kabayan pun lantas berasumsi makanan di restoran itu murah karena restoran itu menyajikan makanan sehari-harinya dikampung.. Kabayan pun dengan Pedenya melangkah masuk ke Kafe Betawi... Selanjutnya ? Terserah imaginasi terliar anda, hahaha..

Saya cukup sering makan di Kafe Betawi kalau tidak tau mau makan apa di Pluit Junction. Pertama, selain harga yang termasuk agak murah di Pluit Junction, rasanya juga lumayan enak.

Menu hari itu
1. Soto Betawi + Nasi Putih (Rp. 25.000,- + Rp. 4.000,-)
Pada Menu


Aslinya



Isinya ada Paru, Babat, Kikil, dan Daging.. kamu bisa minta bawang goreng tambahan kalau suka.. Rasanya bagi saya sebenarnya agak kurang gurih, tapi biasanya teratasi dengan menambahkan garam atau kecap manis, tergantung mood saat itu sedang mau manis atau asin.. Dagingnya lembut, kikil dan babatnya juga lembut..

2. Nasi Rawon (Rp 25.000,-)
Pada menu


Aslinya



Ini bukan kopi..!

Cangkir dengan isi yang berwarna hitam itu bukan Kopi.. melainkan kuah rawonnya, rasanya cukup gurih, dengan daging yang sedikit kasar.. Toge fresh yang ditata di Nasi membuat sensasi garing di mulut.. Pada gambar juga ada sepiring bawang goreng, itu adalah bawang goreng ekstra yang kami minta, free.. Lalu daun dibawah nasi itu rasanya agak pahit, tapi memang daun itu bukan untuk dimakan.. hihihi..

3. Es Teh Tawar (Rp. 4.000,-)



Es teh tawar bersama dengan bumbu yang biasa dipakai untuk minum teh.. :P

Kami hanya memesan 1 es teh tawar, bukan karena gelasnya yang besar, tapi karena kebetulan bawa air mineral sendiri.. Kafe Betawi tidak keberatan dengan air yang kami bawa sendiri itu.. Acarnya cukup enak, rasanya asam-asam segar gitu, apabila tidak tersedia di meja, minta saja sama pelayannya, gratis kok..


Total + Pajak = Rp. 63.800,-


Overall, makan di Kafe Betawi bukan untuk kamu-kamu yang mencari harga murah karena makanan yang disajikannya, tapi untuk kamu yang lagi kangen makan soto atau masakan khas jawa lainnya di Mall seperti si Kabayan pada cerita diatas.. :P






Nilai :
  • Kebersihan : 9/10 - Biasanya saya makan ketika suasana kafe masih sepi..
  • Pelayanan : 8/10 - Pelayan cukup tanggap, meskipun kadang-kadang lelet juga waktu mau bayar
  • Rasa Makanan : 7/10
  • Harga : 6/10 - Termasuk mahal untuk makanan serupa diluar Mall
  • Suasana Restoran : 8/10 - Belum pernah makan disono waktu lagi rame-ramenya

No comments:

Post a Comment